Mengurus Visa Inggris (UK) Tanpa Biro Jasa

11:04:00

"Mending lo cicil buat visa Inggris dari sekarang deh. Banyak banget dokumen yang perlu disiapin untuk mengurus visa Inggris." Begitu pesan teman saya ketika dia mengetahui saya mendapatkan scholarship award untuk menghadiri IATEFL Conference di Birmingham, UK. Saran dari teman saya ini, tidak langsung saya hiraukan karena saya harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari keluarga saya untuk dapat pergi ke UK. Setelah saya mendapatkan izin, barulah saya mengurus visa Inggris (UK). Mengurus visa Inggris tanpa bantuan biro jasa atau travel itu sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan asalkan kita mau mengorbankan waktu dan tenaga untuk mengurus dokumen yang semuanya harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Ya namanya juga visa Inggris ya kan πŸ˜‹ Perlu diingat bahwa mengurus visa Inggris tidak dapat lagi dilakukan di kedutaan Inggris melainkan di VFS Global yang terletak di dalam Kuningan City Mall. VFS Global adalah perusahaan yang menawarkan jasa untuk membantu pengurusan visa ke beberapa negara. Selain Inggris, ada juga beberapa negara lain yang memakai jasa VFS Global. Untuk mengurus visa Inggris, ada 5 tahap yang saya lewati:

Tahap 1: Menyiapkan dokumen persyaratan visa Inggris

Saya langsung mencari tahu dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengurus visa Inggris begitu teman saya mengingatkan visa Inggris itu harus diurus minimal 3 minggu sebelum keberangkatan. Saya mengurus visa Inggris ini di awal Februari sedangkan rencananya saya ke Inggris pada awal April. Masih cukup waktulah ya. Dengan sekuat tenaga dan usaha, saya pun mendapatkan informasi tentang dokumen apa saja yang harus saya perlukan dan persiapkan untuk visa Inggris.

1. Surat sponsor dari tempat kalian bekerja

Surat ini memuat keterangan kalau kalian bekerja di kantor tersebut, jabatan kalian di kantor, memiliki uang yang cukup selama berada di Inggris dan akan kembali ke Indonesia setelah selesai liburan di Inggris. Surat sponsor ini tentunya dibuat dalam bahasa Inggris. Kalau kantor kamu belum pernah mengeluarkan surat sponsor untuk pembuatan visa, saya akan berikan contohnya di bawah ya. Contoh surat sponsor dari tempat saya bekerja untuk pembuatan visa Inggris tahun 2016 bisa dilihat di bawah ini:

Surat Sponsor untuk Visa Inggris
Surat Sponsor untuk Visa Inggris

2. Foto ukuran 3.5cm x 4.5cm (passport-sized) background putih

Jumlah foto yang dibutuhkan untuk pembuatan visa Inggris sebanyak 2 lembar tetapi tidak ada salahnya jika kamu membawa lebih dari satu foto. Siapa tahu suatu saat akan terpakai saat kalian ingin ke Inggris atau ke luar negeri lagi. Foto yang dicetak nantinya akan ditempel di formulir pendaftaran untuk pembuatan visa. Untuk pencetakan foto visa, saya mempercayakan pada ahlinya, yaitu Immanuel Foto Fujifilm. Lokasi pencetakan foto ini letaknya tidak jauh dari rumah saya dan harganya juga ramah di kantong. Fotografer dan hasil fotonya juga oke banget. Saat fotografer memotret kalian, senyumnya jangan terlalu lebar ya karena salah satu persyaratan foto untuk pembuatan visa adalah hasil fotonya harus natural tidak boleh menunjukkan ekspresi yang berlebihan.

3. Surat referensi bank

Tidak semua bank bisa mengeluarkan surat referensi bank untuk  mengurus visa Inggris. Dari pengalaman saya, hanya bank besar saja seperti BCA, BNI, BRI dan Bank Mandiri saja yang bisa mengeluarkan surat referensi. Beruntunglah kalian jika kalian mempunyai rekening di salah satu bank yang saya sebutkan tadi. Saya mempunyai rekening di Bank Permata dan bertanya ke petugas bank apakah Bank Permata bisa mengeluarkan surat referensi untuk pengurusan visa atau tidak. Sayangnya, Bank Permata belum bisa mengeluarkan surat referensi untuk mengurus visa Inggris. 

Jika kalian membuat surat referensi bank, ingatkan pihak bank untuk membuatkan surat referensi bank dalam bahasa Inggris (tapi biasanya tanpa diminta pihak bank biasanya sudah tahu sih dokumen ini harus dibuat dalam bahasa Inggris). Iman saya cukup diuji saat mengurus surat referensi bank. Bank tempat saya menabung, BCA, memang bisa mengeluarkan surat referensi untuk pembuatan visa tetapi karena jenis tabungan saya (TabunganKu) bukan tabungan tahapan biasa, saya pun tidak bisa membuat surat referensi yang saya perlukan. Akhirnya, saya pun meminta bantuan kakak saya yang mempunyai tabungan tahapan di BCA. Saya memindahkan uang yang ada di rekening saya ke rekening tahapan BCA kakak saya. Dengan begitu, saya pun bisa membuat surat referensi bank tetapi atas nama kakak saya. Biaya administrasi untuk pembuatan surat referensi bank saat itu adalah Rp. 50.000,- dan tidak bisa langsung selesai hari itu juga ya. Setidaknya dibutuhkan waktu 3 hari untuk pembuatan surat referensi bank. Harus sabar...

Kalau ada yang tanya, "Dalam rekening tabungan kita, minimal harus ada berapa juta agar visa Inggris kita tidak ditolak oleh kedutaan?" Agak sulit sih untuk menjawab pertanyaan ini karena waktu itu saja (tahun 2016), saya hanya mempunyai sekitar Rp. 24.000.000,- yang saya pindahkan ke rekening kakak saya dan lagi saya mempunyai 1000 poundsterling yang akan diberikan kepada saya sesampainya di Inggris. Jadi, ada kemungkinan pihak kedutaan yakin bahwa saya tidak akan kekurangan uang selama saya berada di Inggris.

Berikut contoh surat referensi BCA untuk mengurus visa Inggris:


Surat Referensi BCA
Surat Referensi BCA

4. Fotokopi bukti keuangan minimal 3 bulan terakhir

Untuk bukti keuangan, saya melampirkan slip gaji saya. Sekali lagi saya ingatkan dokumen ini juga sebaiknya diterjemahkan dalam bahasa Inggris ya. Kalau di kantor saya slip gaji sebenarnya dibuat dalam bahasa Indonesia. Yang saya berikan untuk pembuatan visa, ya versi bahasa Indonesia ini. Saya juga agak kaget kalau visa Inggris saya diterima padahal dokumen yang satu ini tidak dibuat dalam bahasa Indonesia. Selain slip gaji, kalian juga bisa mencetak rekening koran sebagai alternatif bukti keuangan kalian. Rekening koran yang dicetak terakhir itu minimal 3 bulan terakhir ya. 

Slip gaji ga bisa saya lampirkan di sini ya karena itu rahasia. Slip gaji kurang lebih sama dengan slip gaji pada umumnya. Kalian juga bisa cetak mutasi rekening bank tempat kalian menabung sebagai bukti bahwa keuangan kalian lancar jaya.


5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Yang menerjemahkan semua dokumen yang saya sebutkan di atas tidak boleh kalian sendiri loh ya. Semua dokumen tersebut harus diterjemahkan oleh penerjemah yang sudah tersumpah. Kalau saya mempercayakannya pada Worldnet Translation. Saya ga sengaja menemukan jasa penerjemah ini ketika saya sedang cari informasi cara membuat visa UK di internet. 
Kalian tidak perlu bertemu langsung penerjemahnya untuk memberikan dokumen yang ingin diterjemahkan. Dokumen yang ingin diterjemahkan di scan terlebih dahulu, lalu dikirimkan ke email jasa penerjemah: worldnet.andrew@gmail.com. Jika dokumennya sudah selesai diterjemahkan, kalian bisa mengambil langsung dokumennya di kantor Worldnet Translation di daerah Pondok Bambu atau meminta mereka untuk mengirimkan dokumennya via jasa kurir seperti JNE. Untuk biaya terjemahannya, saya mengeluarkan uang sebesar Rp. 180.000,-.

Dokumen terjemahannya tidak bisa saya lampirkan di sini ya. Takut dokumennya disalahgunakan. Format dokumen yang diterjemahkan sama dengan aslinya kok. Hanya saja isinya diterjemahkan dalam bahasa Inggris. 

Worldnet Translation Service

6. Tiket Pesawat

Untuk masalah print out tiket pesawat, saya meminta bantuan salah satu teman saya yang mempunyai tour and travel. Dia memesankan tiket pesawat pulang pergi (PP) ke Birmingham dan hasil print out tiketnya dikirimkan ke email saya. Kamu tidak perlu membeli tiket beneran kok untuk mengurus visa Inggris. Minta tolong teman saja seperti saya, jika dibatalkan pun tidak ada biaya pembatalan. Kan sedih ya kalau tiket pesawat ke Inggris sudah terbeli dan ternyata visa Inggris ditolak. 

Tiket Pesawat Jakarta-Birmingham Qatar Airways
Print Out Tiket Pesawat

7. Akomodasi

Saat mengurus visa Inggris, saya memesan akomodasi melalui Booking.com. Saya memilih hostel yang dekat dengan lokasi diadakannya IATEFL Conference. Lalu saya pesan melalui booking.com dan mencetak bukti pemesanan hostel. Booking.com tidak mengenakan biaya pemesanan jadi kita tidak perlu khawatir dikenai biaya pembatalan untuk kamar hostel atau hotel yang kita pesan. Selesai mengurus visa Inggris, saya pun membatalkan pemesanan hostel di booking.com karena saya mendapatkan sebuah kamar kecil di sebuah apartemen melalui airbnb, yang letaknya tidak jauh dari lokasi IATEFL Conference.


Print Out Hatters Hostel
Print Out Akomodasi di Birmingham


8. Surat Undangan 

Surat undangan yang saya maksudkan adalah surat undangan konferensi yang diadakan oleh IATEFL. Di undangan tersebut dijelaskan siapa saya, tujuan saya ke Inggris, dan apa saja yang ditanggung oleh panitia IATEFL selama saya berada di Inggris. 

Dokumen ini sangat menolong saya dalam pembuatan visa Inggris. Buktinya visa Inggris saya DITERIMA oleh pihak kedutaan walaupun saya sama sekali belum pernah ke luar negeri. 


Surat Undangan IATEFL Conference
Surat Undangan IATEFL Conference

9. Paspor yang Masih Berlaku (minimal 6 bulan)

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Inggris adalah negara yang pertama kali saya kunjungi setelah saya punya paspor. Seriously, I never go abroad even to Singapore πŸ˜‚ Paspor saya juga baru dibuat bulan Oktober tahun kemarin karena saya mau datang ke IATEFL Conference. Saya sampai tidak bisa berkata-kata ketika saya melihat paspor saya sudah ditempeli visa UK. Paspor kosong ternyata tidak menghambat kelancaran pengurusan visa Inggris saya. 

Nah, setelah semua dokumen di atas selesai diurus. Saya melalui tahap kedua. 


Tahap kedua: Mengisi Aplikasi Visa Online

Lumayan agak drama sih di tahapan ini karena saya sempat salah saat mengisi tujuan visit saya di aplikasi visa online. Pengisian aplikasi visa online bisa dilakukan dimana saja melalui website Visa4 UK. Caranya, buat akun terlebih dahulu. Klik Register an Account. Isi Personal Details, Isi Address Details dan  Buat Password untuk login. Setelah itu, email verifikasi dikirim ke email yang didaftarkan di website aplikasi visa online UK. Setelah mendapatkan email verifikasi, login dengan email dan password yang tadi sudah didaftarkan dan kalian sudah bisa apply visa for yourself (apply for myself).

Ada beberapa hal yang perlu kamu diperhatikan ketika mengisi aplikasi visa online ini: 

1. Memilih jenis visa yang tepat

Tentukan tujuan kunjungan kalian ke Inggris. Jika tujuan kunjungan kamu ke Inggris untuk menghadiri acara besar seperti IATEFL conference, wisuda adik/kakak, menonton pertandingan bola, pilih General Visit Visa atau Tourist Visa. Jangan sampai salah pilih ya.


2. Memberikan informasi dengan jelas

Isi semua informasi yang dibutuhkan dalam form aplikasi dengan jelas supaya pihak kedutaan yakin untuk menerima aplikasi pengisian visa Inggris yang telah kita isi. Berikut hal-hal yang perlu diisi dalam form aplikasi: 


  • Passport and travel information 
  • Personal detail and travel history 
  • Family details 
  • Employment and income 
  • Family and friends in the UK 
  • Medical treatment
  • Additional information


Setelah semua bagian dalam form aplikasi terisi, kamu akan diminta menandatangani pernyataan bahwa kamu mengisi form aplikasi visa dengan jujur. Cukup ketikkan nama kamu di kolom signature.


Tahap ketiga: Membuat janji pertemuan dan membayar aplikasi visa online

Form aplikasi visa Inggris sudah terisi semua, selanjutnya apa? Membuat janji pertemuan dengan pihak VFS. Kamu akan diminta membuat janji dengan mereka. Tentukan tanggal dan jam kedatangan. Lebih baik datang di pagi hari supaya lebih cepat dilayani. Lalu, kamu akan diminta untuk membayar biaya aplikasi visa Inggris. Hanya satu yang diperlukan, yaitu Kartu Kredit atau Kartu Debit dengan berlogo Visa atau Master Card. Pada tahun 2016, saya mengeluarkan sekitar Rp. 1.500.000,- untuk biaya pembuatan visa Inggris. Lumayan mahal juga ya πŸ€‘ Biaya pembayaran akan langsung dikirimkan melalui email apabila kamu sudah melakukan pembayaran. Untuk mengecek biaya pembuatan visa Inggris kalian bisa cek https://www.gov.uk/visa-fees.


Tahap keempat: Mencetak aplikasi visa online 

Ketiga tahapan sudah dilalui dan saatnya untuk tahapan keempat, yaitu mencetak aplikasi visa online yang telah diisi. Satukan aplikasi yang telah dicetak dengan dokumen lainnya yang telah kamu persiapkan dalam tahap 1 dan masukkan ke dalam sebuah map. Semua dokumen yang dicetak harus berukuran A4 dan tidak perlu dilaminasi atau disatukan dengan penjepit kertas supaya petugas dapat lebih cepat memindai dokumen yang kamu bawa.  


Tahap kelima: Mendatangi kantor VFS di Kuningan City Mall

Lokasi kantor VFS di Jakarta cukup strategis, yaitu di Kuningan City Mall. Jangan kaget ya saat masuk VFS karena pemeriksaan cukup ketat. Bahkan mau foto ruangan VFSnya saja tidak boleh πŸ˜‚ Sebelum kamu mendatangi kantor VFS, jangan lupa untuk cek kalender. Cek lagi apakah kamu membuat janji di tanggal tersebut. Bukti janji pertemuannya dibawa juga ya karena petugas di depan pintu masuk VFS pasti akan meminta kamu menunjukkan bukti janji pertemuan yang telah dicetak. Baru setelah itu kamu boleh masuk. 

Begitu saya diperbolehkan masuk saat itu, saya langsung mengambil nomor antrean dan mengantre bersama anak-anak SMA yang akan ke Inggris juga. Ketika nomor antrean saya dipanggil oleh petugas, saya langsung memberikan semua dokumen dan aplikasi online yang telah saya cetak kepada petugas. Saya sedikit ditanya-tanya seputar kepergian saya ke Inggris lalu difoto dalam sebuah ruangan oleh petugas VFS. Selesai berfoto, saya kembali lagi ke meja petugas yang mewawancarai saya dan dijelaskan bahwa proses pembuatan visa Inggris memakan waktu setidaknya seminggu. Saya pun pulang dan menunggu dengan sabar sampai mendapatkan SMS dan Email bahwa visa saya DITERIMA! 

Begitulah perjuangan saya mengurus visa Inggris sendirian tanpa bantuan biro jasa. Mengurus visa Inggris itu susah susah gampang, yang penting kamu teliti dalam mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dan ga lelah mencari informasi untuk mengurus visa Inggris.

Di sudah ada yang pernah mengurus visa Inggris tanpa biro jasa seperti saya?  Atau mengurus visa ke negara eropa yang lainnya? Ceritain dong pengalamannya di kolom komentar.

Visa UK
Visa Inggris (UK)
P.S. Jika ada informasi yang kurang jelas, silakan tulis saja di kolom komentar ya teman-teman. Pasti akan saya balas. Semoga informasi yang saya bagikan ini dapat membantu teman-teman yang sedang mempersiapkan perjalanan ke UK ya. Happy Traveling!

You Might Also Like

31 comments

  1. Hi Dewi. Mau nanya, apakah terjemahan KTP, KK dan Akta Lahir itu memang diperlukan? Krn dua orang teman saya tidak mentranslate dokumen tersebut dan tetap lolos VISA UK :s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas mba :( baru liat ada comment. Btw temen mba kapan buat visanya? Setau saya sih musti ditranslate ya mba. Semua dokumen kita yang tidak dalam bahasa Inggris musti ditranslate mba. https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/549692/Visitor_Supporting_Documents_Guide_-_English_version.pdf

      Kalau masalah lolos atau tidak lolos itu sebenarnya untung2an juga sih :p Mungkin teman mba sedang beruntung hehehe

      Delete
  2. mbak dewi ini pilihan visa nya kok sudah nda ada standar visitor ya? saya mau ke uk ada acara conference mbak, saran jenis visanya apa ? apakah kunjungan bisnis(akademik) ? mohon saran nya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. General visit visa mas yang utk tourist (berlakunya 6 bulan). Jangan apply yang bisnis akademik karena biaya pembuatannya juga lebih mahal. Btw, dari panitia conferencenya sudah ada surat kan ya?

      Delete
    2. oh gitu, jadi pilih yang bisnis biasa aja ya? soalnya skg sudah tidak ada pilihannya general visitor atau standar visitor lagi wkwk adanya tourism,bisnis(ada macam2, ada yang biasa, akademik, olahrga dsb), child, diplomatic dll mbak. ini kalau saya visa bisnis tapi acara konferensinya kan cuma 3 hari, nah itu tiket pulang perginya lebih dari 3 hari, itu gimana ya? apa pakai visa tourist biasa aja? tapi ngasih surat undangan juga?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. kalau begitu yang tourism mas.

      Delete
  3. terimakasih banyak mbak dewi. sukses terus

    ReplyDelete
  4. Hallo Kak Dewi. Mau nanya, waktu itu berapa lama waktu memproses visa inggris nya? Maksudnya dari masukin aplikasi sampe visa nya keluar itu berapa lama. Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, maaf baru balas. Kurang lebih seminggu ngurus visanya.

      Delete
  5. Kak Mau tanya kalo misal saya pakai tabungan Ayah saya namun itu bank daerah gmn bisa lolos tdk ya? bank Reference sudah bs dicetak kΓΆk. Namun apa harus bank smcm BCA,BRΔ°, Mandiri? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting saldonya bisa meyakinkan kedutaan kalau dananya cukup membiayai mba selama di UK.

      Delete
  6. Mbak aq mau ngepplay visit visa Uk tapi dan akan di sponsorin oleh pacar.apakah bisa tidak mencantumkan rekening Koran saya dan hanya menggunakan rekening koran dari pacar yg di UK? Soalnya dia yg menanggung biaya perjalanan dan tempat tinggal saya di UK.
    Mohon pencerahanya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba/mas. Pakai rekening koran pacar mba saja. Kalau saya sih waktu itu pakai punya kakak saya karena memang kakak saya bantu untuk biaya selama saya di UK

      Delete
  7. mba biaya nya brp untuk bisnis visa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau waktu itu $131, mba. Kalau sekarang kurang tau deh.

      Delete
  8. Mau tanya sis, saya mau short study di UK, biaya di tanggung perusahaan/ not literally 100% ditanggung sih, amannya gimana ya? Aku perlu kasih slip gaji jg? Atau cukup dengan surat dari perusahaan Aja? Perlu pake bank statement dari perusahaan? Thank you so much ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat keterangan perusahaan plus bank statement kak biar aman. Maaf baru bales

      Delete
  9. Hi mb, mau tanya apabila saya berkunjung ke UK dan stay ditempat pacar, apakah tetap perlu booking hotel (mengingat sbg syarat kelengkapan dokumen hrs pnya booking htel) dan apakah pacar perlu membuat surat sponsor? Bgmn prosedur pembuatannya? Terima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa ngga perlu mba. Pacar mba saja membuat surat sponsor sekaligus menyebutkan alamat tmpt tinggal pacar mba. Untuk lebih jelasnya coba baca2 di http://www.vfsglobal.co.uk/indonesia/

      Delete
  10. Hallo mba, nama saya praka, mau tanya mba, kalo pake referensi dari bank ayah saya bisa mba tanpa harus pake tabungan saya ? soalnya saya mau au pair ke uk, dan saya masih mahasiswa. terimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas Praka, maaf br balas komennya. Boleh kok kalau pakai tabungan ayahnya. Asal dana yang ada di rekening ayah mas cukup meyakinkan pihak kedutaan Inggris. Semoga membantu ya

      Delete
  11. Izin Cross link situsnya mbak ya. Sukses. https://wp.me/p1QZj-2T8

    ReplyDelete
  12. Halo Mbak Dewi, makasih banyak sharing2nya, bermanfaat banget! πŸ˜€
    mba aku mau tanya
    aku berencana ke UK bulan juli 208 nanti untuk menghadiri konferensi, dimana untuk penginapan dan makan sudah ditanggung panitia sedangkan biaya lainnya tidak spt tiket pesawat dan pembuatan visa. Statusku masih mahasiswa dan aku berencana untuk disponsori oleh Tanteku sbg waliku selama aku kuliah.
    pertanyaannya:

    1. Pofesi tanteku adalah wiraswasta (usaha kos-kosan), apakah surat keterangan berusaha dari RT/RW sudah cukup ya mbak? karena kos-kosan ndak ada SIUP nya mbak
    2. durasi aku mengajukan visa hingga tanggal keberangkatan sudah tinggal 20 hari mbak, apakah masih memungkinkan untuk menggunakan layanan visa reguler mbak?
    3. nah yang terakhir, travel history ku kosong melompong karena memng belum pernah ke LN sama seklai, menurut mbak, apakah itu berpengaruh ya?

    Terimakasih banyak ya mbaaak πŸ™‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba, terima kasih sebelumnya sudah mampir di blog saya.

      Saya coba jawab ya:

      1. Saya rasa cukup ya mba. Mba jangan lupa minta surat dari penyelenggara sponsornya juga.
      2. Saya dulu ngurus visa akhir februari, sekitar 2 mingguan udah jadi. Tapi better lebih awal sih ngurusnya mba.
      3. Sebenarnya berpengaruh tapi kalau penyelenggara conferencenya kasih mba surat, dijamin visa mba akan lolos sih. Saya waktu itu sama seperti mba. Sama sekali belum pernah ke luar negeri even itu ke spore hehehehe

      Semoga lancar ya mba mengurus visanya

      Delete
  13. halo mba,
    untuk bukti keuangannya, kalo melampirkan slip gaji, apakah perlu tetap melampirkan referensi dan rekening koran dari bank?
    Makasih sebelumnya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih waktu itu tetap melampirkan referensi dan rekening koran dari bank mba. Supaya pihak kedutaan yakin kita punya cukup dana untuk pergi ke UK.

      Delete
  14. hallo mba...
    apakah bayar biaya visa pakai credit card saja??>. saya hanya punya debit card...apakah bisa di pakai bayar online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau debitnya ada logo visa/mastercard mungkin bisa ya. Dicoba saja ya.

      Delete
  15. Malam saya mau tanya kalau visa visit family perlu dokumen apa saja ...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti visa turis yang saya buat mba/mas. Kalau belum berubah, dokumennya kurang lebih seperti yang saya ceritakan di atas.

      Delete

Give Me Your Comment