JALAN-JALAN KE PENANG - PART 2

20:01:00

Bulan lalu saya kembali mengantar mama saya berobat di Penang. Sekarang mama rutin tiap 2 kali dalam setahun melakukan cek kesehatan di Penang. Ini keempat kalinya saya bersama kakak saya menemani mama ke Penang. Dalam setiap kunjungan kami ke Penang, kami pasti selalu menyempatkan jalan-jalan di Penang. 


Di postingan kali ini, saya akan melanjutkan cerita saya tentang jalan-jalan di beberapa tempat wisata di Penang. Buat kalian yang berobat ke Penang, bisa nih sekalian mendatangi tempat wisata ini. Penang itu ga melulu tentang rumah sakit kok. Banyak tempat wisata asik di Penang yang bisa kamu kunjungi.

Bukit Bendera (Penang Hill)

Sky Walk
Sky Walk, Bukit Bendera

Saya mengunjungi Bukit Bendera di tahun 2018 lalu. Itu merupakan kunjungan kedua saya ke Penang. Saat itu saya bingung harus mengajak mama dan kakak saya jalan-jalan kemana. Dalam setiap perjalanan bersama keluarga, saya selalu kebagian tugas untuk membuat bujet perjalanan, memesan penginapan sampai membuat rencana perjalanan Untuk yang terakhir biasanya sih saya buat ketika sampai di Penang. 

Tahun lalu, kondisi fisik mama saya belum sebaik sekarang. Beliau masih merasakan nyeri di punggungnya dan ga bisa duduk terlalu lama. Saya juga ga tega kalau mengajak mama jalan terlalu lama. Saya pun menjelajah di internet untuk mencari tempat wisata yang cocok untuk mama saya dan bertemulah saya dengan Bukit Bendera.

Penang Hill
Pemandangan Dari Atas Bukit Bendera

Bukit Bendera atau sering disebut juga Penang Hill, sedikit mirip puncak, Jawa Barat. Di Penang Hill, kalian bisa melihat pemandangan yang menyejukkan hati dan pikiran serta menghirup udara yang bersih (bebas dari polusi kendaraan di Jakarta, pastinya). Untuk sampai ke atas Penang Hill, kamu tidak perlu berjalan kaki. Kamu bisa menaiki Funicular Train. Kereta ini dirancang untuk membawa penumpang naik ke atas Penang Hill. Jalur keretanya menanjak ke atas. Eits, keretanya tidak gratis ya. Kamu harus membeli tiket masuk Penang Hill (sudah termasuk kereta) terlebih dahulu. Berikut rincian harga tiketnya*:

Harga tiket standard
  • Anak (4-12 tahun) : RM 6, Fast Lane RM 20 
  • Adult : RM30, Fast Lane RM 80 
  • Senior Citizen (60 tahun ke atas) :  RM 30 - Fast Lane RM 60 
*cek kurs BI untuk melihat harga tiketnya dalam mata uang Rupiah

Setelah membeli tiket masuk, kamu harus mengantri di Penang Hill Lower Station. Mengantrilah sesuai dengan tertib. Ingat, kamu sedang berada di negara orang. Jadi, jangan mempermalukan diri sendiri bahkan negaramu. Saat kereta tiba di Lower Station, pilihlah tempat duduk di barisan paling bawah untuk dapat merasakan pengalaman terbaik naik kereta ke atas Penang Hill. 

Sesampainya di Penang Upper Hill Station, kamu bisa jalan santai di atas Penang Hill dan menikmati udara sejuk Pulau Penang. Hanya ada beberapa tempat yang kami kunjungi saat di atas Penang Hill. Beberapa di antaranya adalah Sky Walk, Owl Museum, Love Lock, dan Food Court. Kami rencananya ingin melihat the Habitat juga tapi tiket masuknya terlalu mahal. Gagal deh ke sana. 

Tempat yang ga saya rekomendasikan untuk dikunjungi di Penang Hill adalah Owl Museum. Saya pikir saya akan bisa melihat berbagai macam Owl di dalam museum ini. Ternyata dalam museum ini, hanya ada koleksi barang atau ornamen dengan karakter burung hantu. Museumnya juga tidak terlalu besar dan harga tiketnya mahal banget RM 10.

Penang Hill
Beberapa Koleksi di Owl Museum, Penang
😎Tips: 
Saat akhir pekan atau liburan, antrian untuk Funicular Train ini luar biasa panjangnya. Belilah tiket fast lane kalau kamu malas mengantri lama.

Opening Hours:
Buka setiap hari
Tiket: 06.15 - 10.00  
Kereta Funicular: 06.30 - 11.00 
Website: http://www.penanghill.gov.my  

Pinang Peranakan Mansion


George Town Penang
Ruang Tengah Pinang Peranakan Mansion

Tempat ini wajib banget kamu kunjungi jika berada di George Town, Penang. Mansion ini dulunya merupakan rumah peranakan (keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang lokal, Malaysia). Mereka dikenal dengan Baba dan Nyonya. Baba merupakan panggilan untuk laki-laki sedangkan panggilan untuk perempuan adalah Nyonya. 

Saat kamu memasuki Pinang Peranakan Mansion, kamu akan dibawa ke abad 19 saat rumah ini menjadi kediaman dan kantor dari seorang Kapitan China bernama Chung Keng Kwee. Ia tokoh yang sangat dihormati di Penang pada saat itu dan kekayaannya tercermin dari barang-barang antik yang kamu bisa lihat di rumah ini.

Salah Satu Bukti Kekayaan Kapitan Chung 😁

Rumah ini tentunya dibangun berdasarkan Feng Shui China tetapi ada beberapa arsitektur dipengaruhi oleh Inggris dan Skotlandia. Mungkin karena saat itu Penang dikuasai oleh Inggris.

Untuk masuk ke dalam Pinang Peranakan Mansion, kamu harus membayar tiket masuk sebesar RM 20.00 plus kamu akan diberikan tour guide jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah dari Pinang Peranakan Mansion. Tour guide akan memberikan informasi dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Mandarin atau Bahasa Inggris. Ga ada tour dalam Bahasa Melayu ya. Kamu tinggal memilih salah satu dari kedua bahasa itu saja. Saya sih lebih memilih Bahasa Inggris karena saya ga paham Bahasa Mandarin.

😎Tips
Dilarang makan dan minum di dalam Pinang Peranakan Mansion ya. Di dalam mansion, tersedia restoran khas peranakan yang bisa kamu coba tapi harganya ga bersahabat. 

Opening Hours:  
Buka setiap hari pukul 09.30 - 17.00 
Website: http://www.pinangperanakanmansion.com.my/  

Cheong Fatt Tze 

Blue Mansion, Penang
Ruang Tengah di Blue Mansion
P.S. Di sini nih tempat Rachel Chu main mahjong 

Pernah nonton film Hollywood yang judulnya “Crazy Rich Asian”? Kamu pasti tahu tempat ini. Cheong Fatt Tze Mansion merupakan salah satu tempat syuting film Crazy Rich Asian. Di sini Rachel dan calon mertuanya bertemu dan bermain mahjong. 

Tahu ga, ternyata mansion ini tipikal rumah keturunan Tionghoa banget. Dari mulai pintu masuk, ruang tengah, jumlah anak tangga dan bentuk jendelanya itu harus sesuai dengan Feng Shui. Ga salah kalau pemilik rumah ini merupakan salah satu orang terkaya juga di Penang.

Biaya masuk ke Mansion ini kurang lebih sama dengan Pinang Peranakan Mansion yaitu, sebesar RM 18 (termasuk guided tour). Guided tour di Blue Mansion ini menurut saya lebih asyik daripada di Pinang Peranakan Mansion dan pengucapannya juga lebih oke. Sayangnya bagian rumah yang bisa dilihat-lihat di sini lebih kecil daripada Pinang Peranakan Mansion karena sebagian sudah difungsikan sebagai hotel.

Setelah tour selesai, kamu dapat berkeliling lagi dan memotret sepuasnya. Dari dua mansion yang saya pernah kunjungi di Penang, saya jadi belajar ternyata dulu orang Tionghoa di Penang mempunyai istri lebih dari satu.

😎Tips
Kamu bisa mengunjungi Cheong Fatt Tze hanya di jam-jam tertentu saja. Pastikan kamu datang 30 menit sebelum jam kunjungan dimulai. 

Opening Hours:
Senin-Jumat : 11.00 / 14.00 / 15.30 (English)
Sabtu & Minggu : 11.00 & 14.00 (English); 12.00 & 15.30 (Chinese)
Website: https://www.cheongfatttzemansion.com/

Church of the Assumption 

Church of Assumption
Bagian Depan Church of Assumption
Sebagai nasrani, saya suka sekali mengunjungi gereja di negara atau kota yang saya kunjungi. Saya sudah pernah mengunjungi Gereja St. George di George Town, Penang dan kali ini saya berkesempatan mengunjungi satu gereja lagi yang terletak di dekat Blue Mansion. Waktu itu kami harus menunggu tour yang sebelumnya selesai, baru kami boleh masuk. Sambil mengisi waktu, kami pun mencari-cari tempat wisata di sekitar Blue Mansion dan tidak sengaja kami melihat sebuah bangunan gereja. Di depan gereja tersebut terdapat papan nama bertuliskan Church of the Assumption.

Church of the Assumption merupakan salah satu dari beberapa gereja Katolik yang berada di Penang. Bangunannya cukup besar dan di sebelah kanan dan kiri dekat mimbar gerejanya terdapat patung dan sejarah tulisan tentang berdirinya gereja ini di Penang dan siapa saja pendiri gerejanya. 

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk masuk ke dalam gereja ini alias gratis.

😎Tips
Di samping bangunan gereja ini terdapat museum kecil. Tidak dipungut biaya jika kamu ingin masuk ke dalamnya. Saat saya berada di situ, saya tidak sempat mengunjungi museumnya karena saya harus balik lagi ke Cheong Fatt Tze.  

Opening Hours: 
Buka setiap hari
Website: http://assumptionchurchpenang.org/

Kek Lo Si Temple 

Air Itam, Penang
Pagoda dari Kejauhan

Biasanya setelah puas jalan-jalan di Penang Hill, wisatawan di Penang akan mengunjungi Kek Lo Si temple karena lokasinya berdekatan. Kamu bisa naik taksi online dari Penang Hill menuju ke Kek Lo Si Temple. 

Buat kamu yang menyukai sejarah dan agama, pasti suka deh berada di sini. Kek Lo Si ini adalah kuil Buddha terbesar di Penang. Tidak dikenakan biaya untuk masuk ke dalam temple tapi kamu harus membayar sebesar RM 2 jika kamu mau naik ke atas Pagoda. Dan jangan lupa untuk menyediakan recehan untuk pengemis yang berada di dalam temple. Di sepanjang pintu masuk menuju ke dalam pagoda terdapat banyak pengemis. Baru kali ini saya melihat pengemis di Penang. Dulu saya kira tidak ada pengemis di Penang.

Buddhist Temple in Penang
Pengemis di dalam Kek Lo Si Temple

Selain pagoda, biasanya wisatawan ingin melihat patung Dewi Kuan Yin. Tapi saya ga sempat ke sana karena terlalu terpesona dengan pagodanya. Rasanya tenang banget deh berada di dalam Kek Lo Si ini.

😎Tips
Setelah selesai berkunjung ke Kek Lo Si temple, kamu bisa mencoba dua makanan legendaris yang terletak ga jauh dari situ, namanya Sister Curry Mee dan Asam Laksa. 

Opening Hours:
Senin-Minggu: 8.30am to 5.30pm
Website : https://kekloksitemple.com/

Masih banyak banget tempat wisata di Penang yang belum saya kunjungi. Rencananya tahun depan saya akan berobat dan jalan-jalan ke Penang lagi. Saya mau mendatangi lebih banyak tempat wisata di Penang. Buat kamu yang pernah ke Penang, ada rekomendasi tempat wisata oke ga nih? Tulis di kolom komentar ya kalau ada. 

You Might Also Like

23 comments

  1. waaahhh, dari segala macam lokasi di atas, pemandangan dari atas bukit Bendera tuh juaraaaa banget :)

    Paling suka lihat pemandangan gitu, semacam teduh gitu.
    Kita di tempat yang fresh memandang kota yang dari jauh terlihat tenang :)

    ReplyDelete
  2. Wah Church of the Assumption bernuansa putih, cantik ya, penasaran dalamnya gereja seperti apa. Suatu saat kalo bisa ke Penang, aku pengin ke sini :)

    ReplyDelete
  3. Tanteku juga rutin kontrol di Penang. Kata beliau sih, harga obat dan biaya RS nya lebih muraaaahhh compared to RS di Jkt. Semoga semua sehaaaatttt ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Seneng ya wisata ke destinasi historis begitu, karena kita lalu kebayang betapa masa lalu itu memiliki kejayaan yang nggak kalah keren dibandng sekarang.

    ReplyDelete
  5. Ya ampun saking cinta nya sama burung hantu di buat owl museum. Agak mengerikan karena tatapan burung hantu bikin ngeri sedap

    ReplyDelete
  6. aku belum pernah ke penang, baru ke KL sama ke melaka aja, tapi menarik bgt ya ke penang itu

    ReplyDelete
  7. Saya belum punya rekomendasi apapun tentang Penang. Tahun lalu, batal ke sini. Tetapi, kalau kata sepupu saya yang sekarang tinggal di KL pun Penang memang menarik untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  8. Dua kali rencana mau ke Penang tapi batal mulu. Next harus benar diwujudkan nih berangkatnya, karena banyak destinasi menarik di Penang. Pengen euy. Kalau hotel di sana gimana, mbak?

    ReplyDelete
  9. Persis banget ya suasana di tempat2 tersebut dengan yang ada di Indonesia. Mungkin karena akulturasi budayanya juga ga jauh beda yaaa, ada sentuhan Tiongkok di berbagai bangunan, jadinya ya mirip-mirip dengan Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Penang memang cantik yaaa mba.. suka liat fotonya and I guess I need to visit it soon

    ReplyDelete
  11. Pas banget nih, minggu ke 3 bulan ini Ujame mau ke Penang. Lumayan bangeeeet bisa jadi referensi hihi.
    Abis ini Ujame lanjut cerita sebelumnya ah. Tfs ya buuund :)

    ReplyDelete
  12. Senang banget mbak bisa jalan ke Penang, mungkin rencananya tahun depan mau kesana bareng keluarga sambil check up juga. Semoga bisa ke Bukit Bendera, penasaran euy.

    ReplyDelete
  13. Pertama kali dengar kata pmenang waktu baca ada pengobatan di sana yang fasilitasnya bagus, nah ini ternyata bxk jg tempat wisatanya yH

    ReplyDelete
  14. Duuuuhhh sayang banget ya kenapa ga ada guide berbahasa melayu di situ, hiks buat wisatawan yang bahasa inggrisnya pas pasan kaya aku ini kan alamat kalah cepet ama omongan guide nya...

    ReplyDelete
  15. Belum nyampe Penang nih. Wisata budayanya kental ya. Enaknya ke Msia tu harga2 nggak beda jauh.

    ReplyDelete
  16. Wah, bagus-bagus ya bangunan di Penang ini. Dan pemandangan di atas Bukit Bendera juga cakep. 😍

    ReplyDelete
  17. Berobat sambil jalan-jalan jadi bis asekalian refreshing ya. Banyak spot menarik yang bisa dikunjungi di Penang ya. Next time mudah-mudahan bisa ke museumnya ya mbak, tapi buat jalan-jalan aja bukan untuk berobat. sehat selalu buat kita semua

    ReplyDelete
  18. Wah jd pengen ke Penang deh..Johor, KL, Melaka udah, Penang menarik katanya ya...mauuu ...semoga ada takdirnya..

    ReplyDelete
  19. Kapan ya bisa ke Penang huhu pengen banget kesana tapi belum kesampaian. Btw lucu banget sih koleksi owlnya jadi pengen punya haha.

    ReplyDelete
  20. Banyak tempat wisata bagus ya di Penang. Viewnya keren2 deh. Noted nih siapa tahu aja saya ada kesempatan bisa jalan-jalan ke sana.

    ReplyDelete
  21. Ini salah satu program unggulan Penang yaa...
    Dulu pernah ajak Babe untuk berobat ke Penang. Qodarulloh belum kesampaian.

    ReplyDelete
  22. Terimakasih untuk tulisan informatif begini, 2 minggu lagi mau ke Malaysia. semoga sempat ke Penang juga

    ReplyDelete

Give Me Your Comment